Kamis, 19 November 2020

0

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN METODE CIRC MELALUI MEDIA KOMIK STRIPS PADA SISWA KELAS 4 SD

 ABSTRAK
 
 
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN METODE CIRC MELALUI MEDIA KOMIK STRIPS  PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 2 TERMAS  TAHUN 2012/2013
 

Riyono A54F100021, Program Studi Sarjana Kependidikan Bagi Guru  dalam Jabatan (PSKGJ) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),  Universitas Muhammadiyah Surakarta 2013, xv +  86 halaman
 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis metode CIRC melalui media komik strips pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Termas Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa 4 SD Negeri 2 Termas Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan sebanyak 28 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan metode CIRC melalui metode komik strips. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Termas menggunakan metode CIRC melalui media komik strips sebesar > 80% dari jumlah keseluruhan 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode CIRC melalui media komik strips pada siklus I terjadi peningkatan keterampilan menulis siswa sebesar 74.71%, sementara pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 83.56%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode CIRC melalui komik strip dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Termas Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013
 Kata kunci: Keterampilan Menulis, Metode CIRC, Media Komik Strips

 

FILE PDF FULL
 

0 komentar: